Kabel XLPE Cocok Dipakai Pada Tegangan 6kV ~ 35kV

116
Kabel XLPE Cocok Dipakai Pada Tegangan 6kV ~ 35kV
Foto Dokumen Pekerjaan
Berbagai jenis kabel XLPE banyak ditemuai dipasaran, terkadang kita kesulitan untuk membedakan jenis kabel yang cocok kita pakai dalam suatu instalasi listrik yang sesui dengan kebutuhan dilapangan, seperti ketahanan terhadap suhu, apalagi kabel tersebut akan kita tanam di tanah.

Kabel XLPE merupakan singkatan dari nama Inggris dari polyethylene berikatan silang, polyethylene adalah sejenis struktur molekul linier

Kabel berinsulasi XLPE memiliki kelebihan yang tidak dapat ditandingi oleh kabel berisolasi lainnya. kabel memiliki struktur yang sederhana, ringan, tahan panas, kapasitas beban yang kuat, tidak meleleh, korosi kimia, kekuatan mekanik, dan telah diakui secara luas oleh pengguna.

Kabel XLPE adalah kabel daya yang paling banyak digunakan. Kabel XLPE memiliki karakteristik kabel yang lebih baik. (kabel XLPE: kabel polietilen cross-linked).

Kabel XLPE cocok untuk jaringan distribusi, perangkat industri, atau bagian lain yang membutuhkan aplikasi listrik berkapasitas besar.

Digunakan untuk memperbaikinya pada saluran transmisi daya pada AC 50Hz, tegangan pengenal 6kV ~ 35kV. Fungsi utamanya adalah untuk menyampaikan kekuatan.

Karakteristik kabel XLPE:
1 Struktur sederhana
2 Ringan
3 Tahan panas
4 Kapasitas beban yang kuat
5 Tidak mudah meleleh
6 korosi kimia
7 Kekuatan mekanik yang tinggi

Dalam repairing kabel atau pemasangan terminasi dan jointing di kabel XLPE, kita perlu mengetahui fungsi dan maksud dari bagian-bagian tersebut, antara lain adalah :

  1. Inti kabel :

Penghantar/ konduktor kabel yang berfungsi untuk menyalurkan tegangan, biasanya terbuat dari bahan tembaga atau aluminium

  1. Semikonduktif :

Berfungsi untuk meratakan tegangan dibagian dalam kabel agar tidak ada penumpukan tegangan di celah-celah komponen penghantar.

  1. XLPE :

Singkatan dari polyethylene berikatan silang, yang merupakan sejenis struktur molekul linier, struktur ini mempunyai kemampuan untuk menahan deformasi pada suhu tinggi, bentuknya yang lentur sehingga memudahkan dalam pemasangan.

  1. Semikonduktif luar :
MUNGKIN ANDA BUTUH:  Standar kA Dalam Breaker

Berfungsi untuk meratakan tegangan dibagian luar kabel agar tidak ada penumpukan tegangan di celah-celah komponen penghantar.

  1. Sceen / Armor :

Berfungsi untuk perisai kabel agar dapat melindungi inti kabel dari benturan yang bersifat mekanis, biasanya terbuat dari bahan alumunium atau baja dan biasa dilengkapi lapisan water blocking yang berfungsi untuk menahan air masuk ke dalam bagian kabel.

  1. Jaket kabel

Berfungsi untuk melindungi kabel disisi terluar, sehingga kabel terlindungi terhadap benturan, benda-benda yang memungkinkan dapat merusak bagian dalam kabel.

Apabila kita sudah memahami bagian-bagian kabel tersebut maka dapat dipastikan dalam melaksanakan pekerjaan tersebut diharapkan lebih lancar, sehingga hasil yang didapat menjadi lebih maksimal.

Spesifikasi teknis untuk 1.1_KV XLPE berselubung PVC

Demikian penjelasan ini, semoga anda bisa memahami dan jika anda membutuhkan informasi dan pemesanan kabel XLPE bisa hubungi marketi kami dengan kontak yang ada di website ini.