4 Jenis Kabel Tray Serta Fungsinya

109
4 Jenis Kabel Tray Serta Fungsinya
Foto dokumen pekerjaan
Bagi pekerja di bagian electrical dan instrumentation konstruksi pasti sudah mengenal apa itu kabel tray, kabel tray merupakan hal yang penting dalam system kelistrikan, kabel tray digunakan untuk support kabel, baik kabel power maupun kabel data.

Hal lain kabel tray memberikan tambahan perlindungan kepada instalasi kabel, juga mempermudah dalam pemeliharaanya (maintenance).

Secara umum ada 3 bentuk dari kabel tray yang menawarkan keunggulanya masing-masing pada aplikasi yang berbeda yaitu:

1.Kabel tray pejal (polos)

4 Jenis Kabel Tray Serta Fungsinya

2.Kabel tray berlubang (perforate tray)

4 Jenis Kabel Tray Serta Fungsinya

3.Kabel tray tangga (Kabel Ladder)

4 Jenis Kabel Tray Serta Fungsinya

4.Kabel tray pagar (wire mesh)

4 Jenis Kabel Tray Serta Fungsinya

Dari 4 bentuk itu, tersedia finishing indoor dan outdoor.

Finishing indoor menggunakan Elektro Galvanis atau Powder Coating, sedangkan untuk finishing outdoor menggunakan Hot Dipped Galvanis yang memberikan perlindungan terhadap karat.

Perlengkapan Cable Tray:

  1. Straight Tray
  2. Ouside Riser
  3. Inside Riser
  4. Elbow
  5. Tee
  6. Cross
  7. Reducer (Left, Center or Right)
  8. Cover
  9. Jointing
  10. Bracket Support
  11. Hold Down Clamp
  12. Hanger Beam
  13. Hold Down Clip
  14. End Plate Set
  15. Splice Plate Set
  16. Separator
  17. Horizontal Fishplate
  18. Vertical Fishplate

Agar instalasi kabel dapat sesuai dengan jenis kabel yang di butuhkan, pastikan memilik jenis yang tepat. Untuk itu, berikut tips dalam memilih cable tray yang sesuai:

  1. Ketahui Tipe Kabel yang Baik

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli cable tray, ada baiknya Anda untuk mengetahui terlebih dahulu tipe-tipe kabel tray yang ada. Untuk itu pilihlah cable tray yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Pastikan Jumlah Kabel yang Terpasang

Selanjutnya, agar jenis cable tray yang dipilih sesuai, Anda perlu memastikan jumlah kabel dan diameter cable yang akan dimasukan kedalam cable tray. Sebab, jumlah dan ukuran tersebut berpengaruh pada besarnya ukuran cable tray yang dibutuhkan. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli cable tray dengan ukuran, pastikanlah terlebih dahulu jumlah kabel yang akan di install.

  1. Mengikuti Rekomendasi Produsen

Biasanya sebelum membeli cable tray, Anda akan ditanyakan terlebih dahulu pembelian untuk kebutuhan apa. Siapkanlah data kebutuhan Anda, lalu kemudian produsen akan merekomendasikan dan menyarankan pilihan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara memasang kabel tray

Agar cable tray dapat digunakan optimal sebagai pengaman listrik, berikut beberapa tips agar penggunaan cable tray optimal:

Pastikan lokasi pemasangan cable tray  tidak menghalangi akses ke equipment seperti ke akses tangga, pintu, dan manhole.

Jauhkan cable tray dari vessel bergerak seperti silo timbangan. Hal tersebut karena jika cable tray dipasang dekat dengan silo, dapat membuat gerak silo terhambat.

Jika ingin dipasang secara bertumpuk, maka diantara kedua cable tray atas dengan tray bawah minimal berjarak 30 cm.

Pastikan pemasangan cable tray tidak dipasang pada zona mudah terbakar. Kecuali jika lokasi pemasangan mempunyai spesifikasi fire prove atau fire retardant.

Usahakan dalam instalasi cable tray dilakukan oleh tenaga yang profesional, berpengalaman dan paham tentang peraturan safety dan kelistrikan.

Saat pemasangan cable tray, usahakan untuk memisahkan cable power dengan cable signal. Hal tersebut agar memudahkan Anda di jauh hari jika ingin melakukan maintenance.

Itulah pembahasan mendalam dari cable tray yang perlu Anda ketahui. Pastikan untuk menggunakan instalasi cable tray berkualitas untuk kebutuhan Anda, Jika anda membutuhkan kabel tray tersebut bisa menghubungi kami dengan kontak yang ada di website ini.